Budidaya Padi Organik

Kesadaran masyarakat akan pola hidup sehat semakin meningkat. Masyarakat mulai beralih menggunakan berbagai komoditi yang dinilai lebih sehat tanpa banyak menggunakan zat kimia. Termasuk di dalamnya memilih jenis tanaman seperti beras. Dimana beras organik, kini semakin banyak dicari masyarakat karena dinilai lebih sehat. Mengingat, beras organik dikelola tanpa menggunakan unsur kimia seperti pupuk kimia atau pestisida selama proses penanamannya.

Budidaya padi organik merupakan salah satu jenis usaha yang sangat menjanjikan. Selain karena pangsa pasarnya semakin terbuka lebar, proses penanamannya pun relatif lebih mudah untuk dilakukan, tentunya dengan tambahan sedikit pengetahuan. Bahkan teknik budidaya padi organik ini bisa dilakukan tanpa harus menanam di lahan persawahan.

budidaya-padi-organik
Banyak orang yang mulai mengembangkan budidaya padi organik di halaman rumah menggunakan media tanam berupa pot. Selain itu, tanaman padi organik ini bisa pula ditanam di atap rumah bagi mereka yang tidak memiliki lahan.

Mikroba starter
Ketika kita mau memulai budidaya padi organik, ada beberapa hal yang harus dpersiapkan diantaranya olah lahan, pemupukan dan pestisida organik. Berbeda dengan budidaya padi pada umumnya, pada budidaya padi organik perlu dipelajari lebih detail di depan, karena faktor keberhasilan di padi organik justru pada olah lahan, sebelum masa penanaman.

Pembuatan pupuk organik dengan bantuan mikroba merupakan faktor penting dalam budidaya padi organik, untuk itu diperlukan sebuah mikroba starter untuk diperbantukan dalam proses pembuatan pupuk organik maupun pada pemberian nutrisi melalui semprot daun.

Salah satu mikroba starter yang dianggap ampuh oleh berbagai pihak adalah SOT HCS, SOT HCS memiliki kelebihan dibanding mikroba starter lain, yaitu terletak pada jumlah macam mikrobanya, Mikroba starter merek SOT HCS ini memiliki 52 jenis varian mikroba laktogen, ini salah satu kelebihan dari SOT HCS dibanding mikroba starter lainnya, konon di Indonesia belum ada yang memiliki teknologi seperti ini selain HCS.

Mikroba starter dari HCS dapat dipakai untuk membuat pupuk organik, langsung diaplikasikan sebagai pupunk dan juga dapat dikulturkan (dibiakkan).
Kelebihan SOT HCS selain pada teknologi mikroba di atas juga terletak pada pendampingan komunitas, Anda dapat mengikuti pelatihan pertanian organik melalui Komunitas HCS (www.komunitashcs.com) , selain pelatihan – komunitas ini juga saling bantu koordinasi pengadaan bahan baku dan pemasaran hasil panen secara kolektif. Keistimewaan lain yang bisa diperoleh adalah kita bisa memiliki sebuah hak istimewa untuk menjadi agen pemasaran produk tersebut.

Dengan menjadi seorang agen, kita bukan hanya bisa mendapatkan manfaat dari produk mikroba strarter ini. Lebih jauh kita juga bisa mendapatkan keuntungan finansial dengan cara memasarkan produk tersebut. Sehingga, dengan membeli produk ini, kita bisa memiliki peluang meningkatkan produktivitas tanaman padi organik yang kita jalankan, dan juga bisa mendapatkan keuntungan lebih dari pemasaran produk tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *